Dinas PMD Provinsi Banten Adakan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Hukum Adat di Lingkungan Provinsi Banten T.A. 2019

Photo Plt. Kadis DPMD propinsi Banten dalam rangka pemetaan wilayah hukum lembaga adat dilingkungan provinsi T.A.2019

bantenterkini.com – Cibeber,  (31 Maret 2019 Dalam rangka penataan lembaga adat di wilayah Banten Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Banten ( DPMD) adakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Hukum Adat di Wilayah Selatan, yang berlokasi di Desa Warungbanten Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, kegiatan tersebut di pimpin langsung  oleh plt. Kadis PMD Dr. Dra. Enong Suhaeti, M.Si, acara tersebutpun di ikuti peserta dari berbagai kasepuhan dan lembaga Adat di wilayah selatan kabupaten Lebak, dalam undangan tersebut terdapat 20 lembaga adat di wilayah selatan yang diundang dengan peserta 90 orang.

Enong Suhaeti mengatakan  dalam acara tersebut : “Saya memiliki harapan yang tinggi akan kelestarian masyarakat adat serta kewenangannya dalam pengelolaan wilayahnya sendiri. kegiatan ini adalah awal untuk mengidentifikasi kembali akan adanya masyrakat adat yang semakin terkikis keberadaannya, dalam hal ini pemerintah Provinsi Banten akan memperkuat lembaga adat yang berada di wilayah Provinsi Banten, ini juga sebuah kegiatan revitalisasi untuk menghidupkan kembali aktifitas-aktifitas adat yang harus dilestarikan, terutama dalam pengelolaan wilayah hutan adat, dan rencana tindak lanjut setelah ini ada dua kegiatan lagi yang akan dilaksanakan di Tahun Anggaran 2019 ini termasuk didalamnya identifikasi”, urai Plt. Kadis dalam sambutannya.

Photo kegitan DPMD provinsi Banten dalam penataan wilayah hukum adat di desa warungbanten

Dalam kesempatan yang sama Ruhandi Kepala Desa Warungbanten sangat mengapresiasi kegiatan Provinsi Banten dalam rangka penataan lembaga Adat untuk lebih bisa menjadikan lembaga adat dan kasepuhan mempunyai hak-hak akan pengelolaan wilayah adat di masing masing wilayahnya juga mengharapkan peran pemerintah untuk terus membantu lembaga adat dan kasepuhan dalam rangka kegiatan melestarikan budaya, ” dan inipun bisa jadi salasatu bagian untuk menarik wisatawan dari luar daerah karena kecamatan Cibeber ini banyak sekali lembaga adat dan kasepuhan yang selalu melakukan pagelaran budaya disetiap acara adatnya sehingga bisa menjadi daya tarik khusus buat wisatawan”, pungkas  Ruhandi.

Rd.Citonk./El

 

Bagikan ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *