Jambore Pendampingan Desa Se-Provinsi Banten Lakukan Sunatan Masal dan Pipanisasi Air Bersih di Tiga Desa

Bantenterkini.com 15/11/2019 Cibeber, Jambore pendampingan Desa se-Provinsi Banten yang dilaksanakan di Desa Hegarmanah, tepatnya di areal kebun teh Cikuya, Kec. Cibeber, Kabupaten Lebak, yang pesertanya diikuti semua Pendamping Desa se Provinsi Banten dari KPW, TA, PDP/PDTI, PLD dan hadir juga Plt. Kadis DPMD Provinsi Banten, Hj. Enong Suhaeti, Dirjen Kemendes PSDM, tamu undangan dari Dinas Pariwisata Provinsi Banten, TPID, dan juga di hadiri, Asda satu kab Lebak, Camat, para kasepuhan dan kepala desa wilayah kecamatan Cibeber.

Plt. Kadis DPMD Provinsi Banten, Enong Suhaeti dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa pendamping desa merupakan penggerak pembangunan desa, Oleh sebab itu peran dari pendamping desa sangat penting dalam inovasi serta kemajuan masyarakat dalam membimbing desa, melaksanakan kegiatan pembangunan, pemberdayaan dan pendamping Desa harus bisa terus berinovasi bersama desa kinerja dari Pendamping desa harus terus ditingkatkan agar pembangunan di desa bisa lebih terukur dan terarah dalam pendampingannya.

Kinerja pendamping harus terus ditingkatkan, dan adanya komitmen yang semakin membaik, mendampingi desa harus tulus dan ada di hati,”ujarnya.

Sementara Dito Dirjen Kemendes berharap dalam kegiatan Jambore Pendamping desa ini menjadi pembelajaran bagi pendamping, saling sharing pengalaman dan gagasan,

“Pendampingan kedepan selain infrastruktur akan lebih kepada pemberdayaan, dan inovasi ekonomi. Sehingga pendamping harus terus ditingkatkan kapasitasnya., ” Uangkapnya.

Dito juga menambahkan untuk belajar tentang pendampingan desa selain melalui pelatihan dan pengalaman lapangan juga bisa menggunkan fasilitas platform Akademi Desa 4.0 yang merupakan Jembatan Menuju Masa Depan Desa

“Belajar pendampingan bisa juga menggunakan smartphone melalui akademidesa.kemendesa.go.id, supaya pendamping update dan meningkatkan kapasitas diri nya,” tuturnya.

Sementara Asep Saepudin ketua pelaksana lokal di kec Cibeber mengatakan, pada dasarnya pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar walau ada kekecewaan dari sebagian masyarakat yang tadinya akan di datangi oleh Gubernur Banten dan Menteri Desa yang semula akan hadir dalam acara Jambore pendampingan desa di cibeber dan nantinya akan melakukan simbolis peresmian Pipanisasi air bersih pada Tiga desa yaitu Desa Hegarmanah, Desa Sukamulya, dan desa Cikadu, banyaknya masyarakat yang menunggu kedatangan pak Menteri Desa dan Gubernur Banten dan wakilnya akhirnya harus menelan kekecewaan karena pak Menteri dan pak Gubernur tidak datang padahal warga masyarakat sangat antusias menunggu kedatangannya.

“Dalam hal ini saya ucapkan terima kasih pada semua panitia yang yang terlibat, sudah membantu terlaksananya kegiatan Jambore pendampingan Desa se-Provinsi Banten, dan saya mohon maaf yg sebesar besarnya pada para peserta jambore, tamu undangan dan masyarakat bila dalam kegiatan tersebut ada kekurangan dalam pelaksanaanya.” pungkas Asep.
Rd.Citonk/El

Bagikan ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *