Dihantam Puting Beliung, Puluhan Bangunan di Batubantar Pandeglang Porak Poranda

oleh

Bantenterkini.com – Angin Puting beliung menghantam puluhan rumah dan beberapa toko di pasar Batu Bantar, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, pada Sabtu (30/12/2023).

“Puting beliung terjadi pada pukul 16.30, dan akibat kejadian ini, berdasarkan informasi yang kami terima dari masyarakat, sebanyak 4 rumah rusak berat dan 17 lainnya rusak ringan, serta 6 toko yang ada di Pasar Batu Bantar, Kecamatan Cimanuk rusak berat,” kata Kepala Bidang Rehab Dan Rekonstruksi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kabupaten Pandeglang, Wawan Munawar.

Wawan menyebut, jika pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat agar mewaspadai adanya perubahan cuaca.

Baca Juga:  P2TP2A Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan di Sekolah dan Pesantren

“Sudah kami beritahukan terkait himbauan kepada seluruh masyarakat dan seluruh Kecamatan serta Desa, agar siap siaga ketika memang posisi dalam El Nino yang panjang. Karena bisa memungkinkan bencana puting beliung atau angin kencang itu terjadi, seperti yang terjadi di Kecamatan Karang Tanjung kemarin,” terangnya.

Baca Juga:  Lampaui Target, PLN Sukses Turunkan Gangguan Listrik Lebih dari 25 Persen di 2022

“Kalau untuk kerugian, belum bisa kami perkirakan. Karena jumlah kerusakan rumah warga bisa saja bertambah, karena masih kami data,” sambung Wawan.

Sementara, salah seorang saksi mata yang sekaligus warga Batu Bantar, Raja Atmanegara mengatakan, bahwa pada saat kejadian dirinya tengah berada didalam rumah bersama saudaranya yang lain.

Baca Juga:  Cаrа Mеndоwnlоаd dan Lіnk Dоwnlоаd Kаrtu ASN Vіrtuаl untuk PNS dan PPPK

“Tiba-tiba cuaca sangat gelap dan ada angin kencang yang menghantam atap beberapa rumah dan toko. Kemudian saya dan anggota keluarga yang lain berlari ke lapangan, takut kalau rumah roboh,” singkatnya.***