Kontingen Penas KTNA 2023 Provinsi Banten Dilepas Secara Resmi Oleh Pj Gubernur

oleh
Kontingen Penas KTNA 2023 Provinsi Banten Dilepas Secara Resmi Oleh Pj Gubernur

Bantenterkini.com – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar melepas Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Banten untuk mengikuti Pekan Nasional (Penas) KTNA Ke-XVI Tahun 2023 di Padang, Sumatera Barat.

“Hari ini kita melepas Kontingen KTNA Provinsi Banten dalam rangka Penas yang dipusatkan di Sumatera Barat,” ungkap Al Muktabar di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (8/6/2023).

Al Muktabar berharap kepada kontingen KTNA Provinsi Banten dapat menjadi sebuah momentum untuk bertukar informasi dalam rangka mengembangkan sektor pertanian dan perikanan di Provinsi Banten.

“Dalam ajang itu tentu yang paling mendasar akan banyak berbagi informasi di situ ada tukar pengalaman, kita melihat bagaimana perkembangan daerah lain dalam pengembangan pertanian dan penilaiannya,” katanya.

Baca Juga:  Puskesmas Mandalawangi Berikan Vitamin A Kepada Puluhan Anak

“Tentu kita juga membawa misi memberikan informasi dari penjuru Banten yang dilakukan oleh para petani dan nelayan di Provinsi Banten,” sambungnya.

Dikatakan, untuk saat ini sektor pertanian yang menjadi andalan dari Provinsi Banten adalah produksi padi, bahkan Provinsi Banten menempati urutan 8 besar sebagai produsen terbesar beras tingkat nasional.

“Oleh karena itu, saya melihat nanti akan banyak juga yang berkomunikasi dalam sektor itu. Kemudian terkait kelautan dan perikanannya atau nelayan, kita tahu Banten miliki sumber-sumber ikan yang cukup berlimpah,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Al Muktabar juga mendorong petani dan nelayan milenial, lantaran sektor tersebut harus dapat berkelanjutan atau kontinuitas. Sehingga generasi muda dibutuhkan sebagai regenerasi.

Baca Juga:  Pembangunan Pengamanan Pantai di Sumur Pandeglang Rampung

“Di sektor ini harus kontinuitas itu memerlukan generasi muda sebagai regenerasinya, oleh karena itu dengan bonus demografi yang tinggi dan milenial kita yang banyak. Kita harus meyakinkan bahwa sektor pertanian dan pelayanan ini menjanjikan dalam kehidupan kita,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid menyampaikan terdapat 275 peserta yang diberangkat untuk mengikuti Penas Ke XVI KTNA Tahun 2023, yang terdiri dari Provinsi Banten 61 orang, Kabupaten Serang 33 orang, Kabupaten Tangerang 21 orang, Kabupaten Lebak 64 orang, Kabupaten Pandeglang 28 orang, Kota Cilegon 23 orang, Kota Tangerang Selatan 23 orang, Kota Tangerang 4 orang dan Kota Serang 18 orang.

“Dalam Penas KTNA tersebut hampir ada belasan event agenda, mulai dari pameran pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan, serta expo aquaculture, expo agroforestry, expo dan kontes peternakan nasioal serta agenda lainnya,” katanya.

Baca Juga:  PMI Kota Serang Adakan Oreantasi Pembina PMR dari Tingakat SD, SMP/MTs hingga SMA/SMK dan MA

Dikatakan, dalam kegiatan ada hal yang ditampilkan dari kontingen KTNA Provinsi Banten di antaranya dari Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (FK-P4S) yang akan menampilkan teknologi pembuatan teh dan lainnya.

“Kita juga menampilkan itu dengan local wisdom, seperti teknologi pupuk, teknologi pengairan dan lainnya,” jelasnya.

Dirinya mengatakan setelah kegiatan Penas KTNA tersebut pihaknya nanti akan menyampaikan hal-hal apa saja informasi dan pengalaman yang didapatkan.

“Melalui Penas KTNA itu menjadi informasi rujukan yang akan kami lanjut ke dalam program di Provinsi Banten,” tandasnya.

Tentang Penulis: Banten Terkini

Banten Terkini