Puluhan Mahasiswa Demo Depan Gedung KPK Mendesak KPK Bongkar Dugaan Praktek Pungli PPDB Online di Banten

oleh

Bantenterkini.com – Belasan mahasiswa asal Banten yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Peduli Pendidikan Banten, melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa , (11/06/2023).

Para mahasisiwa menuntut KPK untuk membongkar dugaan praktek pungutan liar dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK di Provinsi Banten.

Dalam aksinya para mahasiswa yang datang ke gedung KPK pada Pulul 11.00 WIB langsung berorasi dan membentangkan poster bertulisan desakan agar KPK turun tangan melakukan pemeriksaan terhadap kegiatan PPDB tahun 2023 dan tahun 2022 diduga terjadi pungli.

Baca Juga:  Peduli Keselamatan Berkendara, Honda Banten dan Jasa Raharja Gelar Safety Riding Edukasi dan Kompetisi Bagi Mahasiswa

Koordinator Aksi Ali Harahap mengatakan dalam orasinya, KPK harus segera turun ke Provinsi Banten karena setiap tahun PPDB SMA/SMK di Provinsi Banten selalu bermasalah.

“Kami meminta KPK segera turun ke Banten dan wajib melakukan pemeriksaan terhadap pihak terkait,” katanya.

Baca Juga:  Electrifying Lifestyle Vaganza Hadir di Kota Serang, Sosialisasikan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Tidak hanya itu, Ali juga menilai Pemprov Banten dianggap tidak serius dalam menangani PPDB. Hal itu terbukti selalu banyak masalah dalam pelaksanaan PPDB di Banten. “Pemprov Banten acuh atas polemik PPDB SMA/SMK 2023,” ujarnya.

Menurut Mahasiswa ini, Kegiatan PPDB di Banten tidak bisa memberikan keadilan kepada masyarakat. Karena dengan adanya dugaan praktek pungutan liar, masyarakat yang memiliki hak menyekolahkan anaknya di SMA / SMK tertentu akhirnya hilang.

“Setiap tahun PPDB SMA/SMK di Provinsi Banten bermasalah, KPK wajib periksa pelaksanaan PPDB baik tahun ini dan juga tahun sebelumnya,” ujar dia.

Baca Juga:  Airin Rachmi Diany Berbagi Keseruan saat Mudik Lebaran

Usai melakukan orasi dengan penjagaan ketat kepolisian di Gedung KPK akhirnya para mahasiswa membubarkan diri dan kembali ke Banten.***

Tentang Penulis: Banten Terkini

Banten Terkini