Rayon 1 Pandeglang Gelar O2SN dan FLS2N Untuk Menjaring Siswa-siswi Berprestasi

oleh

BANTENTERKINI.COM – Bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Pandeglang, pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Rayon 1 Pandeglang dilaksanakan.

Pembukaan O2SN dan FLS2N yang sukses dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pandeglang, Hasan Bisri, pada Selasa (5/3/2024).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pandeglang, Hasan Bisri menerangkan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengembangan talenta bagi peserta didik demi pembentukan karakter pada diri siswa-siswi SMPN dan juga Swasta di Rayon 1 Pandeglang.

“Hari ini, saya membuka kegiatan O2SN dan FLS2N di Rayon 1 tepatnya di SMPN 3 Pandeglang. Kegiatan ini adalah program yang terintegrasi, mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan juga tingkat Nasional. Ini merupakan cabang-cabang pokok misalnya di O2SN itu ada renang, atletik, tenis meja, serta ditambah kegiatan yang memang dirancang oleh Rayon 1. Saya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, karena O2SN dan FLS2N dipadukan dalam 1 tempat. Mudah-mudahan prestasi yang dihasilkan bisa meningkat ditingkat Kabupaten nantinya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Simak! 3 Tips Jitu Untuk Milenial Agar Punya Rumah

Di tempat yang sama, Ketua Rayon 1 Pandeglang, Syafri Marfilindo mengatakan, bahwa dalam kegiatan O2SN dan FLS2N tersebut digelar beberapa kegiatan perlombaan guna menjaring atlet muda tingkat SMPN.

“Untuk kegiatan pada hari ini, kami mencari bibit-bibit siswa berprestasi dengan menggelar lomba O2SN dan FLS2N tingkat Rayon 1 Kabupaten Pandeglang. Ini adalah acara rutin yang berkaitan dengan Kemendikbud Pusat dan dilaksanakan di SMPN 3 Pandeglang,” katanya.

Syafri menyebut, jika kegiatan O2SN dan FLS2N diikuti oleh 23 sekolah Negeri dan Swasta dari total 24 sekolah yang berada di wilayah Rayon 1 Pandeglang dengan beberapa kegiatan perlombaan.

“Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 21 sekolah Negeri dan juga Swasta dari Rayon 1, kemudian jenis perlombaan yang diadakan dari O2SN itu ada Pencak Silat, Karate, Atletik, Renang serta Badminton. Dan untuk kegiatan FLS2N, ada perlombaan desain poster, pantomim, solo vokal, dan juga kreasi Senin tari tradisional,” terangnya.

Baca Juga:  Viral Seorang Ibu Memergoki Anaknya Sedang Mandi Kecap

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan tersebut bisa membawa siswa berprestasi ke ajang tingkat Kabupaten pada bulan April mendatang.

“Harapannya, ini menjadi seleksi atau mencari bibit-bibit siswa yang berprestasi bagi untuk dibawa ke tingkat Kabupaten. Karena di tingkat Kabupaten itu direncanakan pada tanggal 30 April 2024, dan hasil dari kegiatan ini nanti akan dilakukan pembinaan oleh Rayon 1 untuk bisa berlaga ditingkat Kabupaten,” ujar Syafri.

Baca Juga:  Adde Rosi Terus Berupaya Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat

Untuk diketahui, sekolah yang mengikuti kegiatan O2SN dan FLS2N ini terdiri dari SMPN Pandeglang 1, SMPN 2 Pandeglang, SMPN 3 Pandeglang, SMPN 4 Pandeglang, SMPN 5 Pandeglang, SMPN 1 Karang Tanjung, 2 Karang Tanjung, 3 Karang Tanjung, SMPN 1 Majasari, dan 2 Majasari, SMPN 1 Cadasari, dan  2 Cadasari, SMPN 1 Koroncong, dan 2 Koroncong, Yayasan Al-Mizan, Yayasan Al-Barokah, Yayasan Miftahul Huda, Yayasan Irsyadul Ibad, Yayasan Yasdu, Yayasan Bahtera, Yayasan Bahriatul Ulum, Yayasan Al-Fath, serta Yayasan SMPS Yanmu Karang Tanjung.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadisdikpora Kabupaten Pandeglang, Hasan Bisri, Camat Kecamatan Pandeglang, Bambang Suyanto, Kasus Kurikulum dan Kesiswaan, Pengawas Pembina SMPN se-Kecamatan Pandeglang, Kasubag Kepegawaian, serta para Kepala Sekolah di wilayah Rayon 1.***

Tentang Penulis: Banten Terkini

Dendi Sudrajat