Rehabilitasi 4 Daerah Irigasi, Dinas PUPR Cukupi Pengairan Lahan Pertanian

oleh
Rehabilitasi 4 Daerah Irigasi, Dinas PUPR Cukupi Pengairan Lahan Pertanian (Foto Dok. PUPR)

Bantenterkini.com – Pemprov Banten melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten berkomitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait pembangunan.

Pada APBD tahun anggaran 2022 ini, Dinas PUPR melakukan pembangunan kontruksi rehabilitasi jaringan irigasi di empat daerah irigasi (DI).

Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Arlan Marzan mengatakan, penanganan rehabilitasi jaringan irigasi di empat DI itu didasarkan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga:  Warga Keluhkan Simpang Malingping tak Kunjung di Perbaiki Oleh Pemprov Banten

“Permintaan dari masyarakat menjadi salah satu pertimbangan kami untuk melakukan pembangunan,” ujar Arlan saat dikonfirmasi, pada Senin, (14/11/2022)

Apalagi, lanjutnya, potensi penanganan atau pengairan lahan pertanian di empat DI itu cukup tinggi sesuai dengan PermenPU tentang DI potensi tinggi.

Baca Juga:  Penuhi kebutuhan Pendidikan Khusus, 2022 Mendatang Pemprov Banten Bangun 3 SKh Negeri

Kontruksi rehabilitasi jaringan irigasi tahun ini dilaksanakan khususnya di wilayah Banten bagian Selatan, terutama daerah Malingping, yakni DI Cilangkahan I, DI Cikoncang, dan DI Cibinuangen. Selain itu, juga dilakukan di wilayah Serang yatu DI Cibanten.

Adanya rehabilitasi jaringan irigasi ini akan berdampak langsung kepada masyarakat, khususnya para petani.

“Ketersediaan air pada lahan pertanian dapat terpenuhi. Selama ini mayoritas petani menggunakan pengairan tadah hujan,” tuturnya.

Baca Juga:  Safari Politik ke Banten, Ganjar Pranowo Sowan ke Abuya Muhtadi

Ia berharap, pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi yang masih dalam proses ini dapat mengairi pengairan yang ada di lahan pertanian sekitar wilayah keempat DI tersebut.