Ribuan Pelajar Antusias Hadiri Gebyar Yumaga di SMPN 3 Pandeglang

oleh

bantenterkini.com – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Pandeglang, mengadakan kegiatan beberapa festival untuk para peserta didiknya. Hal itu terlihat, dengan digelarnya beberapa festival untuk terus mengasah peserta didik baik dari segi akademik, maupun non akademik.

Sekolah dengan jargon Yumaga (Pahlawan Yusuf Martadilaga,red) ini, merancang agenda tahunan yang dilaksanakan di sekolah melalui kegiatan Gebyar Yumaga sebagai momentum dies natalis sekolah pada tanggal 6-11 Februari 2023.

Ketua pelaksana kegiatan, Wildan Fisabililhaq mengatakan, bahwa pada pelaksanaan Festival Jajanan Yumaga hari ini, disiapkan oleh siswa kelas IX dalam praktik pembelajaran multidisipliner yang dilaksanakan di tanggal 6-7 Februari.

“Kalau untuk hari ini, kita mengadakan kompetisi Olahraga dan Festival Seni antar SD/MI Se-kabupaten Pandeglang. Ada 23 Sekolah Dasar dari 3 Kecamatan, yang mengikuti kompetisi yang akan dilaksanakan pada 6-9 Februari,” ungkapnya kepada Tuntas Media, Senin (6/2/2023).

Baca Juga:  Korban PHK Kini Bisa Ajukan Klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaaan! Dapat Uang Tunai

“Career Day dilaksanakan beriringan (9/2/2023), merupakan Bursa SMA/SMK/MA. Dan pada pelaksanaannya nanti, siswa kelas IX bisa berkesempatan memilih sekolahnya ke depan. Dengan promosi yang sudah dipersiapkan oleh sekolah SMA/SMK/MA yang mendaftarkan, baik negeri maupun swasta di booth-nya masing-masing,” sambung Wildan.

Wildan menjelaskan, jika di puncak acara nanti, di SMPN 3 Pandeglang akan dilaksanakan pentas seni budaya “Bentang Panggung” baik sajian secara tradisional maupun modern yang menghadirkan para bintang dari sekolah, lokal maupun skala nasional.

Baca Juga:  Satreskrim Polres Pandeglang Amankan Rp 1.4 Miliar Dari Kasus Kredit Proyek Fiktif

“Kami juga akan menghadirkan para vokalis dari grup band yang sudah terkenal, misalnya Najib/Jiebon, Gojil dari Momonon, serta Marsya Ditia dari Payung Teduh. Mereka semua akan meramaikan acara ini, yang pada sajiannya akan dikolaborasikan dengan Tim Angklung Yumaga yang sudah beberapa pekan dipersiapkan,” terangnya.

Sementara, Kepala SMPN 3 Pandeglang, Ading Suhendi menuturkan, bahwa festival Yumaga di SMPN 3 Pandeglang tersebut diadakan untuk yang kedua kalinya.

“Festival ini untuk yang kedua kali kita gelar, dan ini dalam rangka Milad ke-15. Rencananya, kita akan melaksanakan gelar Yumaga setiap tahun,” katanya.

Baca Juga:  Berperan Aktif dalam Upaya Penurunan Stunting, Srikandi PLN Banten Diapresiasi Pj Bupati Lebak

Ading menyebut, jika dalam gelaran festival Yumaga diadakan beberapa kegiatan yang melibatkan para siswa/siswi di sekolah tersebut maupun yang mengikuti dari luar sekolah.

“Kegiatannya ada lomba futsal antar Sekolah Dasar, lomba seni, dan juga ada bazar kuliner yang diikuti oleh kelas IX sebagai syarat untuk ujian praktek. Kemudian juga, ada career day pada hari Kamis untuk penjelasan dari SMA, SMK, baik negeri maupun swasta untuk promosi sekolah-sekolah mereka. Dan dipuncak acara, kita akan ada bintang panggung yang dihadiri oleh para vokalis dari band ternama di Indonesia yang berkolaborasi dengan angklung Yumaga,” ujarnya.

Tentang Penulis: Banten Terkini

Dendi Sudrajat