Survei Pandawa Research, Elektabilitas Andika 82,1 Persen

oleh

SERANG, – Hasil survei bakal calon bupati Serang Andika Hazrumy dari bulan ke bulan semakin tinggi. Bahkan Pandawa Research mencatat, elektabilitas atau keterpilihan Andika di Pilkada Kabupaten Serang mencapai angka 82,1 persen.

Angka yang dinilai sulit untuk dikalahkan oleh kandidat mana pun. Survei Pandawa Research dirilis atas kerja sama dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dilakukan 3-7 Juni 2024.

Menggunakan Teknik multistage random sampling dengan total sampel 440 orang di 29 kecamatan dengan metode tatap muka. Margin of error kurang lebih 4,8 persen dengan selang kepercayaan 95 persen.

Baca Juga:  Andika Klaim Capaian Imunisasi Anak di Banten Tertinggi Se-Indonesia

Semua populasi pemilih di Kabupaten Serang dinyatakan memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai responden. Menurut survei Pandawa, dengan simulasi 7 nama, Andika unggul tinggi mencapai 74,8 persen. Diikuti oleh Furtasan Ali Yusuf 6,4 persen, Sopwan 4,5 persen, Ahmad Wahyudin Nasyar 2,5 persen, Mukhibat (Abah Otong) 2,2 persen, Iip Miftahul Choiri 1,4 persen, dan Najib Hamas 0,6 persen. Belum menentukan pilihan 7,7 persen.

Sementara dengan simulasi 4 nama. Elektabilitas atau keterpilihan Andika mencapai 82,1 persen, Mukhibat (Abang Otong) 3,9 persen, Ahmad Wahyudin Nasyar 2,9 persen, dan Iif Miftahul Choiri 1,7 persen. Belum menentukan pilihan 9,4 persen.

Baca Juga:  Puluhan Mahasiswa Demo Depan Gedung KPK Mendesak KPK Bongkar Dugaan Praktek Pungli PPDB Online di Banten

Ketua DPC PDIP Madsuri membenarkan hasil survei tersebut. Menurutnya, hasil survei tersebut menjadi salah satu landasan, dari banyak pertimbangan DPP PDIP memberikan surat tugas kepada Andika.

“Melihat hasil survei tersebut, kami yakin Andika menang tinggi di Pilkada Kabupaten Serang. Kita juga tahu bersama, rekam jejak beliau sangat lengkap dan layak memimpin daerah,” ujarnya.

Rekam jejak yang dimaksud adalah, Andika pernah menjadi anggota DPD RI, DPR RI, dan wakil gubernur Banten. Selain itu, Andika juga menjadi sosok pemuda yang sukses memimpin sejumlah organisasi.

Baca Juga:  Bawaslu Provinsi Banten raih juara 3 Tingkat Nasional dalam ajang Anugerah Tinarbuka 2023

Menurut Madsuri Andika sudah diberikan surat tugas bakal calon Bupati Serang 2024 dari DPP. Surat tugas tunggal, alias tidak ada bakal calon lain yang mendapat penugasan dari DPP PDIP untuk maju di Pilkada Kabupaten Serang 2024.

“Melihat kekuatan elektabilitas, masyarakat sudah sangat yakin Kabupaten Serang layak dipimpin Andika, sosok muda yang punya kapasitas dan kualitas,” ujarnya.

Pada survei tersebut, kepuasan masyarakat atas kinerja bupati Serang Ratu Tatu Chasanah juga tinggi, mencapai angka 72,7 persen. Pembangunan Kabupaten Serang dinilai sudah berkemajuan, mulai dari bidang infrastruktur jalan, kesehan, dan pendidikan.

Tentang Penulis: Banten Terkini

Banten Terkini