Viral, Uang Pecahan Rp1 Juta Beredar, Ini Penjelasan BI

oleh
Viral uang pecahan 1 juta di TikTok (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Bank Indonesia menaggapi terhadap viralnya video pecahan 1,0 atau Rp1 juta. Video yang menunjukkan selembar kertas dengan 1.0 yang tertulis Perum Peruri di atasnya.

Baru-baru ini, sebuah video TikTok yang menampilkan seorang nasabah memamerkan potongan Rp1 juta menjadi viral dimedia sosial. site serieux achat viagra Pemilik akun TikTok @wandyskay berbagi cerita bahwa ia memiliki uang kertas lagi dari Bank Indonesia pecahan 1.0 atau 1 juta rupiah.

Kepala Dapartemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan gambar uang tunai itu adalah uang tunai untuk tes cetak Perum Peruri dan hanya untuk keperluan dalam Peruri. Contoh uang tunai bukan uang sah untuk alat pemabayaran.

Baca Juga:  Lampaui Target, PLN Sukses Turunkan Gangguan Listrik Lebih dari 25 Persen di 2022

“Jadi uang yang ada di video itu bukan uang Rupiah dan jelas bukan uang yang sah,” kata Erwin.

Erwin juga menegaskan BI merupakan lembaga yang berwenang untuk menerbitkan uang yang sah dan tentu saja uang rupiah yang bisa digunakan di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Warga Baros Kabupaten Serang Nekat Jual Sabu

“Bank Indonesia tidak pernah mengedarkan atau memberikan uang contoh Perum Peruri seperti dalam video viral tersebut,” kata Erwin.

Meski uang contoh tersebut dikeluarkan oleh Bank Indonesia, dengan nominal Rp1 juta adalah uang house note atau uang contoh.

Uang kertas rumah adalah uang yang tidak dapat menjadi alat jual beli yang sah karena tidak memiliki sifat sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Uang Nomor 7 Tahun 2011.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *