Wakasal Hadiiri First Steel Cutting dan Keel Laying Kapal PC 60 M di Banten

oleh
Wakasal Hadiiri First Steel Cutting dan Keel Laying Kapal PC 60 M di Kawasan Pulo Ampel, Kabupaten Serang (Juamt 9/12/2022)

Bantenterkini.com – TNI Agkatan laut (AL) akan menambah Armada Kapal Patroli guna memperkuat jajaran alat utama sistem senjata atau alutsista. Dua kapal cepat yang akan dibuat yakni dua jenis kapal patroli cepat 60 meter multiyears tahun 2022–2023 dan 2024.

Wakil Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan jika dalam melaksanakan modernisasi alutsista sekaligus mendukung program pemerintah menuju kemandirian industri pertahanan, Proses produksi kapal patroli dilakukan di dalam negeri dengan melibatkan anak bangsa dan kandungan dalam negeri.

“Dua kapal cepat ini memiliki spesifikasi panjang 60 meter dengan kecepatan jelajah 17 knot dan mampu mencapai 25 knot kecepatan maksimal karena didukung mesin penggerak generasi terbaru 2 unit marine diesel berkekuatan 3200 kw, dan pengadaan dua kapal patroli cepat 60 meter ini senilai 600 miliar rupiah dengan masa waktu pengerjaan 25 bulan,” ujarnya.

Baca Juga:  Pembangunan Jalan Tonjong-Banten Lama untuk Penguatan Infrastruktur Kawasan Industri Banten Utara

Proses pengerjaan first steel cutting dan keel laying atau pemotongan plat pertama kali dan peletakan lunas dilakukan di galangan kapal Caputra Mitra Sejati yang berlokasi di Kawasan Pulo Ampel, Kabupaten Serang oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Baca Juga:  Hari Bakti PU ke-77, PUPR Sigap Membangun Negeri

“Saat ini sekitar 60 persen dari target yang dijadwalkan dengan itu pimpinan angkatan laut membuat kebijakan untuk memperpendek kemampuan giat dengan menggunakan galangan galangan kapal Indonesia” Ujarnya, Jum’at (9/12/2022).