Achmad Herwandi Tawarkan Konsep Perencanaan Konsep Pembangunan Kota Serang

oleh
oleh

SERANG – Bakal calon (Balon) Walikota Serang, Achmad Herwandi menawarkan konsep perencanaan pembangunan Kota Serang yang partisipatif dengan melibatkan masyarakat secara aktif. Menurutnya pelibatan itu penting untuk dilakukan demi mewujudkan pembangunan yang berkeadilan di Kota Serang.

Hal itu disampaikannya saat hadir dalam acara ‘Obrolan Santai Teras Bilal’ bersama Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Serang di Masjid Bilal Kaujon, Kota Serang pada Minggu (23/6).

Dalam acara diskusi itu Achmad Herwandi menjelaskan, pemerintah tidak bisa mengandalkan dirinya sendiri dalam mengatasi setiap persoalan yang terjadi, khususnya di Kota Serang.

Maka dari itu perlu ada pelibatan masyarakat secara aktif oleh pemerintah dalam setiap penyusunan perencanaan, agar persoalan yang terjadi dapat tertangani dengan mudah.

“Makanya saya bilang sebetulnya semua bisa diselesaikan dengan pelibatan partisipasi aktif masyarakat itu secara berkeadilan,” katanya.

Berbeda halnya dengan Musrembang yang menurutnya selama ini, pelibatan masyarakat hanya bentuk formalitas belaka, lantaran aspirasi masyarakat tidak benar-benar terakomodir dalam rencana pembangunan tersebut.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Global Jet Cargo (J&T Cargo)

Pria yang juga dikenal sebagai Ketua Forum Honorer Kota Serang itu menegaskan, dalam konsepnya masyarakat benar-benar akan dilibatkan secara aktif mulai dari perencanaan dalam suatu wadah community center

Community center atau pusat komunitas nantinya akan dibentuk di tengah masyarakat, agar aspirasi yang disampaikan benar-benar terakomodir dalam penyusunan perencanaan pembangunan.

Tidak hanya dilibatkan dalam penyampaian aspirasi, namun juga turut dilibatkan dalam proses perencanaan, penyusunan, hingga pengawasan pelaksanaan program pembangunan di Kota Serang.

“Jadi dari mulai perencanaan sampai dengan mengawasi program yang sudah disusun itu membangun community center di Kota Serang. Itu yang dinamakan kolaboratif pelibatan partisipasi aktif masyarakat yang berkeadilan,” ujarnya.

Baca Juga:  Pasar Lama di Kota Serang Bakal Jadi Pusat Kuliner Halal

Di samping adanya upaya pelibatan masyarakat, Endi biasa disapa, juga mengatakan perlu adanya ketegasan dari pemerintah dalam mengambil keputusan terkait masalah yang dihadapi.

Dan menurutnya, saat ini, Kota Serang tengah membutuhkan sosok pemimpin yang tegas dan berani dalam mengambil keputusan, serta tidak mudah berkompromi terhadap penyimpangan yang terjadi.

Sifat semacam itu dibutuhkan semata, agar pelaksanaan pembangunan di Kota Serang dapat berjalan optimal dan tepat sasaran sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

“Kepala daerah dalam memimpin, ya keberanian kuncinya. Di Kota Serang inikan harus ada kepala daerah yang memiliki keberanian, tidak bisa berkompromi dengan hal-hal yang memang tidak baik,” ucapnya.

Sementara itu di sisi lain, Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kota Serang Solihin Abas menilai apa yang disampaikan oleh Achmad Herwandi terkait penyusunan perencanaan pembangunan berbasis masyarakat merupakan suatu konsep yang baru.

Baca Juga:  Telkomsel Edukasi Literasi Digital Kepada Pelajar SMAN 1 Rangkasbitung

Karena menurutnya, konsep semacam itu belum tersampaikan secara eksplisit oleh bakal calon Walikota Serang lainnya.

“Terus terang kalau calon lain tidak menyebut secara spesifik, secara eksplisit bahwa pentingnya perencanaan partisipasi masyarakat. Padahal di situ poinnya,” katanya.

Sama seperti yang disampaikan oleh Achmad Herwandi, Solihin pun menilai persoalan yang terjadi di Kota Serang dapat teruraikan apabila peran masyarakat dilibatkan.

“Poin pentingnya, semua persoalan itu sesungguhnya bisa terurai ketika masyarakat dilibatkan sejak awal,” terangnya.

Karena dianggap sebagai suatu ide yang brilian, maka menurutnya apa yang disampaikan oleh Achmad Herwandi patut untuk diperjuangkan.

“Poin penting yang tadi disampaikan Achmad Herwandi saya kira itu sesuatu yang patut diapresiasi dan diperjuangkan bahwa perencanaan berbasis masyarakat itu menjadi penting untuk mengurai semua persoalan,” tandasnya.