Ekonomi Banten Tumbuh, PLN Konsisten Dukung Elektrifikasi Sektor Bisnis dan Industri

oleh
oleh

SERANG- Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten, ekonomi Banten triwulan I-2024 dibanding triwulan I-2023 (y-on-y) mengalami pertumbuhan sebesar 4,51 persen. Beberapa sektor usaha yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi tersebut diantaranya industri pengolahan, konstruksi, perdagangan besar serta eceran, hingga transportasi dan pergudangan.

Listrik sebagai sumber energi memiliki peran vital dalam penggerak perekonomian tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Banten Deri Dariawan dalam kunjungannya di kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten beberapa waktu yang lalu. Ia menyampaikan bahwa PLN menggambil peran besar dalam mendukung geliat perekonomian di Banten.

“Saya mengapresiasi langkah PLN yang terus berinovasi dalam meningkatkan layanan kelistrikan untuk masyarakat di Provinsi Banten salah satunya melalui penyambungan pelanggan sektor bisnis dan industri yang lebih cepat sehingga mereka juga dapat segera menjalankan usahanya yang mana itu dapat menggerakkan roda perekonomian,” terang Deri Dariawan.

Baca Juga:  Pemerintah Kota Serang Dukung Pembangunan Rusunara Kemenkeu di Wilayah Kota Serang

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa dalam mendukung perekonomian Banten, pihaknya memiliki Program ROM30 (Raih Opportunity 30 Hari Nyala) Pelanggan Tegangan Menengah (TM). Abdul Mukhlis juga mengungkapkan telah banyak pelanggan TM yang merasakan kemudahan dan kecepatan akses kelistrikan khususnya dalam penyambungan baru dan perubahan daya (PB/PD).

“Selain Program ROM30 banyak sekali upaya yang kami lakukan guna meningkatkan kenyamanan pelanggan, salah satunya melalui implementasi excelent intimacy dimana nantinya tim priority account executive kami akan langsung turun ke pelanggan guna menjalin sinergitas serta memetakan dan menggali kebutuhan pelanggan. Dengan ini proses PB/PD tidak hanya cepat tetapi juga memuaskan seluruh pelanggan,” ujar Abdul Mukhlis.

Baca Juga:  300 Home Charging Menyala Serentak di Jakarta, PLN Mudahkan Pengguna Mobil Listrik

Hingga 30 April 2024 tercatat sebanyak 51 pelanggan TM pada sektor bisnis dan industri di Banten telah mengikuti Program ROM30 dengan total daya tersambung sebesar 91.410.000 volt-ampere (VA). Dengan tren positif pertumbuhan ekonomi Banten, diprediksi kedepan akan lebih banyak lagi pelanggan yang melakukan proses PB/PD daya listriknya.

Abdul Mukhlis menambahkan bahwa PLN konsisten mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Banten. Lebih luas dari itu Abdul Mukhlis juga menyampaikan bahwa PLN turut mendukung sektor lain seperti sektor usaha di bidang agrikultur dan perikanan. Menurutnya semua upaya ini dilakukan guna meningkatkan kepuasan pelanggan PLN.

Baca Juga:  Bali United VS Persib Bandung Imbang 1-1

“Program ROM30 Pelanggan TM adalah salah satu program unggulan kami di PLN UID Banten yang konsisten kami lakukan guna getting electricity dalam mendukung ease of doing business, mengingat Banten juga adalah salah satu tujan investasi di Indonesia. Banyak program lain seperti electrifying agriculture dan electrifying marine, intinya kami akan all-out dalam melayani masyarakat. Jadi untuk calon pelanggan sektor bisnis dan industri jangan ragu untuk serahkan urusan kelistrikannya kepada PLN,” pungkas Abdul Mukhlis.