Bakal Calon Gubernur Airin Setuju Pemekaran Daerah Kabupaten di Provinsi Banten

oleh

BANTENTERKINI.COMRencana pemekaran daerah di sejumlah kabupaten di Provinsi Banten mendapat dukungan dari Airin Rachmi Diany. Bakal calon gubernur Banten ini menilai, jika moratorium pemekaran daerah dibuka, maka pemerintah provinsi perlu membantu penguatan kajian, dan membantu hingga terbentuk daerah otonom baru yang mandiri.

Baca Juga:  PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan, Pastikan Keandalan Pelayanan KTT WWF 2024 di Bali

Penegasan tersebut disampaikan Airin kepada wartawan usai pemaparan visi misi bakal calon gubernur di Aula Kantor DPW PKB Provinsi Banten, Senin (20/5/2024). “Saya sepakat, kita mekarkan kabupaten dulu. Kita punya potensi, dan kajiannya sudah ada,” kata Airin.

Airin mengaku siap mempertajam kajian sejumlah calon daerah pemekaran baru. Kajian tersebut harus memuat penguatan sisi potensi pendapatan asli daerah hingga kemandirian fiskal. “Kita harus yakinkan pada pemerintah pusat, pada semua bahwa daerah otonom baru nanti tidak akan menjadi beban, justru akan mendorong pembangunan daerah. Itu yang harus digaris bawahi,” ujarnya.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Makmur Cipta Pangan Rangkasbitung Banyak Posisi Dibutuhkan

Persetujuan pemekaran daerah atau pembentukan daerah otonom baru, berada di kewenangan pemerintah pusat. Airin mengaku sudah berdiskusi dengan sejumlah tokoh yang sedang memperjuangkan daerah otonom baru.

Tentang Penulis: Banten Terkini

Banten Terkini