Rizki Juniansyah Putra Asal Kota Serang Raih Medali Emas di SEA Games 2023 Kamboja

oleh
Rizki Juniansyah Putra Asal Kota Serang Raih Medali Emas di SEA Games 2023 Kamboja

Bantenterkini.com – Masyarakat Kota Serang, Provinsi Banten perlu bangga, pada SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, Rizki Juniansyah Lifter asal Kota Serang, Provinsi Banten berhasil membuat rekor di SEA Games 2023.

Rizky berhasil memecahkan rekor dengan total angkatan 347 kg yang sebelumnya dipegang oleh Rahmat Erwin Abdullah total angkatan 345 kg di SEA Games 2021 Vietnam SEA Games 2023 di Kamboja ini adalah SEA Games keduanya. Pada SEA Games 2022 lalu di Hanoi, Vietnam, Rizki Juniansyah sudah mampu menyumbang medali perak di kelas 81 kg, kalah tipis dari atlet asal Thailand.

Meskipun bukan cabang olahraga (cabor) paling populer di Indonesia, angkat besi adalah cabor yang secara konsisten menyumbang medali emas bagi Indonesia di berbagai kejuaraan baik itu skala regional maupun dunia.

Tahun ini, Rizki Juniansyah akhirnya berhasil mendapatkan medali emas bagi Indonesia. Dirinya menjadi nomor 1 dalam kelas 73 kg. Lebih istimewa lagi lantaran dirinya mampu meraih emas dan memecahkan rekor baru di saat bersamaan.

Baca Juga:  Sektor Jasa Keuangan DKI dan Banten Kokoh, Stabil Serta Terjaga

Beban ini merupakan yang tertinggi dalam sejarah SEA Games. Ini juga membuatnya mengalahkan lifter lain dengan selisih yang amat jauh di posisi kedua.

“Alhamdulillah perasaan saya sangat bangga, terutama buat saya sendiri. Karena saya baru pertama kali mendapat medali emas di SEA Games ini karena saya baru mengikuti SEA Games dua kali. Sebelumnya mendapat perak di kelas 81 Kg dan emas di kelas 73 Kg. Tapi saya tidak mau bangga saja di sini karena saya masih panjang untuk kedepannya,” ujarnya ditemui di rumahnya di perumahan RS Pemda, Cipocok Jaya, Kota Serang, Jumat (19/5/2023).

Dalam meraih juara, ia selalu disiplin dan rutin melakukan latihan ketat. “Saya latihan di rumah dan di pelatnas juga. 1 minggu itu latihannya bisa 5 kali, latihan 5 kali, pagi sore pagi, itu yang memang membuat saya bisa mengejar target di SEA Games ini,” ujarnya.

“Alhamdulillah sampai saat ini untuk saya sendiri sih enggak ada kendala,” imbuhnya.
Kemenangan ini memotivasi Rizki untuk bisa terus berprestasi. Target utamanya adalah tampil di Olimpiade 2024 Paris. “Event terdekat ini tanggal 5 ini saya akan berangkat ke Kuba , ke Amerika latin untuk persiapan pengambilan poin yah untuk olimpiade Paris 2024. Ini langkah ke dua karena sebelumnya di Kolombia bulan Desember kemarin,” ujarnya.

Baca Juga:  Miris! Bayi di Tangsel Dibuang Orangtuanya ke Saluran Air Dengan Kondisi Sudah Membusuk

Dia juga mengaku belum puas dengan hasil yang dicapainya tersebut. Targetnya ke depan ia ingin memperbaiki semua jenis angkatannya itu.”Usai SEA Games, saya harus berlatih keras lagi untuk memperbaiki angkatan saya,” ujarnya.

Diketahui Tambahan emas dari Rizki membuat angkat besi mengoleksi tiga emas dan tiga perunggu. Pada hari yang sama, Juliana Klarisa meraih emas di kelas 55 kg putri. Lifter 20 tahun itu tampil percaya diri dengan angkatan snatch 81 kg dan clean and jerk 105 kg, sehingga total angkatannya 186 kg.

Baca Juga:  2 Pelaku Spesialis Pencurian Motor di Minimarket Ditangkap Tim Resmob Polres Serang

Angkat besi juga menyumbangkan emas melalui lifter senior Eko Yuli Irawan. Salah satu olimpian Indonesia itu berhasil memecahkan rekor pribadi sekaligus SEA Games pada babak final 61 kg putra di SEA Games 2023 Kamboja, Sabtu (13/5).

Rekor Eko sebelumnya di SEA Games 2019 Filipina adalah 169 kg (clean and jerk), dan di SEA Games 2023 Kamboja ia menyempurnakannya dengan beban angkatan 170 kg. Adapun Eko Yuli Irawan mencatat total angkatan 303 kg. Rinciannya, 133 kg di snatch dan 170 kg di clean and jerk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *