Semarak Bulan Merdeka Belajar Sukses Digelar oleh 5 UPT Kemendibudristek Provinsi Banten

oleh
oleh

SERANG-Semarak Bulan Merdeka Belajar yang dilaksanakan oleh lima Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek di Provinsi Banten sukses menarik banyak pengunjung.

Kolaborasi lima UPT Kemendikbudristek di Provinsi Banten diantaranya, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VIII, Balai Guru Penggerak, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Kantor Bahasa.

Sedikitnya ada sekitar 1000 pengunjung yang datang selama tiga hari acara digelar, terhitung dari mulai 17 hingga 19 Mei 2024 di Gedung Auditorium Untirta, Sindangsari.

Koordinator kegiatan semarak Hardiknas 2024, Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Banten, Afrizal Sihotang mengatakan, kegiatan ini dirancang untuk membumikan program-program Kemendikbudristek secara luas terutama di Provinsi Banten.

“Ini acara yang luar biasa yang kami ramu untuk istilahnya memperkenalkan atau sudah membumikan program-program Kemendikbud di Provinsi Banten,” ujarnya saat di lokasi.

Baca Juga:  Reses Ke Pandeglang, Ade Rosi Dengar Keluhan Masyarakat Soal Kelangkaan Minyak Goreng dan Jalan Rusak

Antusiasme para pegunjung hadir dalam kegiatan ini terutama para pelajar, guru, orangtua, mahasiswa, dan lainnya.

“Pengunjug antusias terdiri dari mahasiswa, orang tua, guru adik-adik, siswa-siswi, mahasiswa semuanya,” jelasnya

Afrizal menginformasikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terutama karena memuat informasi penting agar diketahui oleh masyarakat terkait dunia pendidikan, palagi program Merdeka Belajar.

Ia berharap, kedepan program Merdeka Belajar terus berlanjut meskipun telah berganti Presiden.

“Kami di awal sudah menginformasikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat, ini semua informasi-informasi penting untuk diketahui masyarakat tentang dunia pendidikan apalagi Merdeka Belajar harapan kedepannya semoga kegiatan ini terus berlanjut walaupun pergantian Presiden,” jelasnya.

M Hafidz Nur Mubarak mahasiswa asal Universistas Lambung Mangkurat Kalimatan Selatan yang tergabung dalam 122 mahasiswa dari berbagai daerah di Provinsi Banten tengah mengikuti program Merdeka Belajar di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa selama satu semester terhitung sejak Februari sampai Juni 2024 mendatang.

Baca Juga:  Dinilai Sosok Santun dan Cerdas Oleh Petani, Airin Cocok Untuk Jadi Gubernur Banten

Menurut Hafidz, adanya program Merdeka Belajar sangat dirasakan manfaatnya olehnya dan rekan lainnya, dimana Ia dipeetemukan dengan mahasuswa dari berbagai daerah dan busa saling mengenal budaya daerah terutama di budaya Banten.

Mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan semester 4 ini mengatakan bahwa dia sudah mencicipi kuliner khas Banten, belajar membatik, menyambangi keindahan alam Banten dan lainnya sehingga Ia mendapatkan pengalaman baru.

“Dengan program Merdeka Belajar ini saya mengetahui budaya yang ada di luar daerah asal dan dipertemukan dengan nahasiswa berbeda, kita mengenal budaya di Banten, mencicipi kuliner, bajar membatik, mengunjungi keindahan alamnya, kita mendapatkan pengalaman baru dan bertemu dengan teman berbagai daerah,” jelasnya.

Baca Juga:  Kemenag Kota Serang Berduka Cita Atas Wafatnya Jamaah Haji Kloter 25 Asal Kota Serang

Dikatakan Hafidz, kegiatan ini juga sekaligus ajang silaturahmi dengan mahasiswa lainnya, dia berharap kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Ini sangat bermanfaat, semoga kedepan terus berlanjut,” harapnya.

Perlu diketahui, dalam kegiatan ini setiap UPT menghadirkan pameran bidang pendidikan dan kebudayaan.

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan Workshop Warisan Budaya dalam Seni Kriya oleh BPK Wilayah VIII, Workshop Krida Duta Bahasa oleh Kantor Bahasa Banten, Talkshow Quo Vadis Kampus Merdeka oleh Untirta, Konsultasi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Praktik Sains Menyenangkan oleh  BPMP Provinsi Banten, dan Lomba Mendongeng dengan Bahasa Daerah oleh Kantor Bahasa Banten.